Gobuntu & FreeSoftwareLaptop

Saya sangat tertarik dengan Mark Shuttleworth, bahkan mungkin ketertarikan saya terhadap ubuntu mungkin sebagian besar didasari oleh ketertarikan saya terhadap beliau. Dan sebagai seorang “fan” beliau saya biasa membaca blog nya.

Ada 2 hal baru yang sangat menarik perhatian saya ketika mengunjungi blog beliau sore ini, yang pertama adalah Gobuntu dan FreeSoftwareLaptop ;

Gobuntu yang bila dari namanya sekilas saya mengira bahwa Gobuntu adalah sebuah proyek distro khusus peralatan mobile yang saat ini sedang menjadi trend pasar… tetapi ternyata saya tidak sepenuhnya benar.. berikut cuplikan dari blog beliau mengenai Gobuntu :

Update: a number of comments have asked what Gobuntu is. It is a flavour of Ubuntu (like Kubuntu or Xubuntu) that is basically the same desktop environment as Ubuntu (a GNOME desktop) and a very strict set of restrictions on the licences of code and content. This means that we try to strip out ANYTHING which is not modifiable and redistributable, including firmware, PDF’s, video footage, sounds etc. We are trying to apply the FSF “rights” definition to everything in the platform. Gobuntu will not correctly enable much hardware today – but it exists as a banner for the cause of software freedom and as a reference of what IS possible with a totally rigorous approach. The goal is to make it a real point of pride to be able to run Gobuntu on a laptop or desktop or server, because it means that all of the stars have aligned to ensure that you have complete freedom to use that hardware with free software.

Singkatnya Gobuntu adalah distro dimana didalamnya diusahakan 100% sugar License Free, dimana distro ini isinya 100% Free Software. Inilah yang membuat saya tercengang… emangnya ubuntu yang saya pakai selama ini masih belum 100% sugar License Free yah? wuihihihihi disini saya sadar kalo memang harus instrospeksi diri dan jangan ignorant, jangan mentang-mentang pake OpenSources semua yang ada di repo di unduh walau itu dari universe dan multiverse. Ternyata beliau berpikiran sampai sana dan benar-benar ingin mempromosikan bagaimana Free Software sejati itu seperti apa :)

Dan mengenai FreeSoftwareLaptop :

Adalah lanjutan pemikiran Gobuntu, setelah ada sebuah Sistem yang benar-benar 100% Free Software, kira-kira dimana saya bisa menjalankannya?  Saya jadi ingat pengalaman-pengalaman saya beli laptop, dimana tidak ada satupun laptop yang saya beli baik itu utk pribadi, kantor atau teman yang 100% disupport oleh vendor OEM laptop tersebut. Dan ini menjadi isu yang penting apabila kita menjalankan sebuah sistem yang 100% Free Software maka driver-driver tersebut harus 100% terbuka juga kan? Hal ini mulai direalisasikan dengan proyek Open Bios, tapi intel berusaha menjegalnya karena ingin mempromosikan Bios canggihnya sendiri (EFI), belum lagi produsen komponen grafis dan network yang mempunyai teknologi paling maju juga tidak mau membuka diri (pernah sibuk dengan ATI dan Atheros anda dilaptopkan? :) ).

Pada proyek ini Mark ingin mengumpulkan orang2 yang tertarik akan hadirnya produk yang diidam-idamkan masyarakat Free Software dan akan berusaha berkerjasama dengan vendor-vendor OEM untuk membuat hal ini benar-benar terwujud! Well, count me in Mr.Shuttleworth! I’m joining the Free-Spftware-Laptop Mailing list and voting for this to happen! Gimana dengan teman-teman? :)

8 responses to “Gobuntu & FreeSoftwareLaptop

  1. emang susah sih kalo mau bener2 lepas dari repo universe dan multiverse…
    moga2 aja ada penggantinya…
    anyway, seiring berjalanya waktu komponen main sekarang dah bertambah mencapai 5GB, bandingkan saja waktu feisty yang “cuma” 3 GB… mungkin akan segera terwujud… amin.

  2. udah ahli linux ahli kalung lagi, klop dah…!:-)

    kapan ya bisa kenalan sama bapak ini, biar ketularan ahlinya, minimal bisa ketularan punya mobil kuda…!:-)

    salam

  3. Hehehe, keasikan main kalung pak.. :p jadi kurang kerawat blog ini…
    Insya4JJI bulan ini mau rajin lagi ngelinux :)

    nanti kalau ada kesempatan bisa kita silaturahmi pak :)

  4. thanx mas,
    memang benar. sampe sekarang aku masih disibukkan dengan laptop ku. spec: ACER 5420 (kalo ga salah, lagi ga bawa sih). Grafis dari NVidia, trus wifi atheros punya, dan sampe sekarang wifi ga jalan. bingung gw. Trus soundcard juga ga jalan.
    ada info atau reference supaya atheros dan lain2 pada jalan. satu lagi, kamera plugin nya juga ga ke detect.

Leave a Reply

