Warnet Linux Murah Ubuntu

Saya berencana menambah warnet saya, dan ingin mencari tempat di”Silicon Valley” Indonesia (Depok / Margonda tepatnya..) tetapi biaya terbatas sehingga tidak mampu membeli lisensi Windows.

Beberapa hari ini saya sudah coba tanya sesama rekan warnet dan selalu mendapat pendapat yang negatif, saya mulai ragu untuk nambah ragu…

Tapi tetap semangat! setelah riset saya mendapatkan beberapa progam utama untuk warnet :

  • UBUNTU 7.04 –> saya yakin orang awam tidak butuh lama untuk merasa familiar dengan interface Gnome ubuntu.
  • Cafe Con Lache –> sebagai billing
  • Gyach! Enhaced –> Yahoo messenger / meski gwe lebih prefer GAIM
  • Lockdown Manager –> buat restriksi perubahan behaviour Gnome
  • OpenOffice –> sudah tentu
  • Beep Media Player atau XMMS
  • Codec multimedia yang lengkap (paling penting bisa 3gp hehehehe..)
  • Clamav GUI

Dan dengan begini mudah2an orang dapat merasa familiar dengan linux, dan saya bisa menghemat jutaan rupiah pertahun karena tidak usah bayar lisensi Windows… Tapi tentunya hal tersebut harus membuat warnet saya lebih murah juga, karena itu saya ingin menyebutnya :

WASKITAnet 2 : WARNET LINUX MURAH UBUNTU

saya berencana membuat warnet ini Rp3.000/jam tapi bisa Rp2.000/jam bila paket.

Tapi karena belum juga ada respon atau dukungan, bahkan skeptisme setelah saya tunjukan prototipe PC warnet diatas, saya jadi ragu kembali.. soalnya ini berhubungan dengan uang yang tidak sedikit untuk diinfestasikan, lagi pula kalo sampe gagal saya bangkrut.. hiks.. (cuman PNS😀 )

Padahal PC tersebut yang saya pakai sebagai server juga bisa buat print dan scan dengan baik.. sharing file/printer juga no problem.. browsing cepet.. stabil..

gimana tanggapan teman2 ubuntu-id? terutama feisty fawn yang menurut saya suadh sangat layak dijadikan alternatif Windows. mohon masukannya yah…

70 responses to “Warnet Linux Murah Ubuntu

  1. Buagus itu, buat orang yang awam ama linux biar cepat familiar, plus nambah pendapatan khan. kalo udah jalan kasih tau step by step nya yaa……

  2. wah, klo di mynett bekasi dah jd trend setter tuch pake Ubuntu, skrg malah lg eksperimen ke feisty (xubuntu dulu kali ye..) inget kondisi hardware😀

  3. bravo gnu/linux!!! linux ngga’ kalah “canggih” koq sama produk2nya distro win. udah ada zencafe, buatan cah dalam negeri, yang didesain untuk warnet, dah pilihan distro lainnya, termasuk ubuntu tentunya😉. coba diskusi sama temen2 di http://www.azoebs.com dech. temen2 di sini memulai warnet linux sekaligus sebagai pusat pembelajaran linux. sejauh ini, temen2 kpli bogor dah make buat tempat belajar ngoprek. oiya, mereka juga rutin ngadain pelatihan linux buat umum.

  4. sorry nih ikutan nimbrung yaakkk….well..i’m not really familiar with linux :)) anyway ehm aku juga pengen buka warnet tp masih bingung mo linux or windows..cos kalo linux kebanyakan user masih pada awam…:&%&^*?>

  5. Kebetulan banget nih, dapet temen yang mw bikin warnet Linux. Gw uda yakin mw pake Linux, habis lisensi windows kagak nutut duitnya. Kemungkinan besar gw mw pake distro Open Suse 10.2 untuk servernya, karena Suse disupport ame Novell Netware. Dimana Novell tuh kalo zaman sebelum tahun 2000an seh katanya jawara di sektor jaringan komputer, meski sekarang kalah saingan ame WinServer 2000-2007. Untuk client gw dapat saran dari temen gw anak KLAS (Kelompok Linux Arek SurObOyO) bisa pake Simply Mepis, Kuliax, Solite, Xandros, ato Ubuntu. Sama yang pasti kudu pake emulator, semacem kayak WINE (Windows Emulator) supaya software macem kayak mIRC, Yahoo Messenger, & Internet Explorer juga bisa jalan di Linux. Masalahnya gak semua calon customer kita uda Linux Friendly, so ya kita kenalin mereka dengan Linux pelan-pelan & buat mereka merasa nyaman dengan Linux sama kayak mereka nyaman pake windows. Gudlak dech buat Owner Warnet Linux-er semua. Hidup Open Source…!

  6. Thanx atas dukungan kawan2, nanti gwe bikin seluruh tutornya kalo sempet, alhamdulillah skrg sudah masuk ke tahap akhir pembangunan fisiknya, jadi bentar lagi mau masuk tahap instalasi.

  7. boss, mohon info tambahan dunk. cause, rencana aku juga mo bikin warnet pake ubuntu. berhubung aku pemula banget urusan linux (ubuntu, red.) akhirnya jadi bingung nih. thank’s sebelumnya atas semua info and bantuannya.

  8. @artha
    info tambahan spt apa cuy??
    bs lebih spesifik, sapa tau bs dibuntu, eh dibantu sama yg lain:-)

    klo soal program sptnya yg disebutkan diatas udah cukup utk warnet (bkn game center lho..)

    utk hardware gk perlu spek tinggi, gw rasa prosesor amd sempron sm ram 256 uda cukup.(gk tau jg seh, spek ini gw running di 5.04 dan 6.06, blum upgrade🙂 )

    klo printer mungkin yg brand HP, karna driver uda disupport di linux dr vendor.(klo gw pake canon ip1000, jalan. di inet ada yg kasi tutorial).
    tp ane gk tau cara ngeprint file *.pdf dari acrobat reader, maklum ilmunya cetek.(ada yg mo ngajarin??)

    gk ada pengalaman ttng webcam sm scanner yg cucok buat ubuntu. (klo ada yg tau, berbagi pengalaman ya..)

    mungkin yg penting seh menurut gw masalah biliing (mas yogharp kyk’a mo bikinin tutorial ‘CCL’, asik…)

    mungkin yg lain ada yg mo nambahin/koreksi..??

    @yoghrap
    “Beberapa hari ini saya sudah coba tanya sesama rekan warnet dan selalu mendapat pendapat yang negatif, saya mulai ragu..”
    Tenang aja mas gk usah takut.. Pertama2 emank client pasti rada2 bingung/kagok, tp klo terus dibimbing pasti terbiasa.
    Disini kuncinya, harus ada tenaga ekstra utk ngajarin, pasti selanjutnya uda terbiasa.
    lagi pula gui -nya uda semakin mantab.
    Apa lagi linux (hampir)gk ada virus, beh.. makin ketagihan deh surfing, save file, etc. Si client jd gk takut2 deh colokin flash disk nya , kn jadi sering2 main k warnet tuh…:-)

  9. Bagus, itu suatu yang baru. by the way,
    gima, sih cara download wine untuk ubuntu? tolong bantuannya. Terima kasih

  10. temen2 aku minta bantuan gimana caranya install billing di ubuntu, deepfreeze buat ubuntu, trus kemaren ada temenku install ubuntu dengan sukses. pas waktu mau nambahin repository koq ga bisa ya? cd-rom tidak dikenali. waktu di lihat di /media ternyata ada 2 cd-rom. hardisknya pun dideteksi jadi sda bukan hda. mohon pencerahannya ya…

    MAJU TERUS LINUX INDONESIA

  11. Saya juga lagi bikin warnet murah versi linux di Semarang, di deket universitas. Kebetulan 2 hari ini lagi “trial session” selama 2 hari, jadi belum terinstall billing. Mungkin nanti billingnya pake Billing Explorer.
    Saya pake Linux Mint. Dan selama 2 hari running, pelanggan merasa enjoy aja, Yang penting kesigapan operator kalau ada yang nanya. Kebetulan disekitarnya ada 16 warnet, dan semua pake Win$. Jadi saya yang pertama.

  12. Mas,

    Saya sudah buka warnet Ubuntu 7.04 Feisty Fawn. Awalnya sih Warnet Windows XP biasa, tapi karena saya cuma punya copy original XP 16 biji, akhirnya saya relakan copy 16 biji itu dialokasikan untuk game center saja, karena GC lebih wajib pake Windows. Setelah beribu kali bimbang dan bingung, akhirnya dengan berat hati dan ragu2, saya menghapus semua Winxp di warnet browsing milik saya, dan kemudian menginstall Feisty Fawn, dengan Gaim sebagai YM, dan Xchat sebagai Mirc. Hasilnya, pelanggan2 saya boleh dibilang nggak ada “yg kebakaran jenggot”, smoothly mereka bisa langsung memakai Ubuntu tanpa banyak kesulitan. Hanya beberapa saja yg biasa memakai Mirc agak kebingungan dengan interface XChat yg memang agak membingungkan. Selebihnya…Having Fun !!! Bahkan saya sendiri hampir tidak percaya, sedemikian mudah para pelanggan saya berpindah (kepaksa..hehehe) dari Winxp mania menjadi calon Linux Addict…..tidak ada pelanggan yang lari. Tiap malam muka2 lama selalu setia datang ke warnet saya yang sekarang bersenjatakan Ubuntu…don’t be afraid. Tidak seburuk yang kita kira, and that’s the fact !!!

    • kalo billingnya pake apa mas saya juga pengen pindah kelinux biar usaha warnetnya barokah jangan deg-degan terus mas kalo bisa saya mohon beritahukan cara instalnya step by step sebelumnya saya haturkan terima kasih

  13. Merdeka atau Mati
    Linux atau windows
    Tinggal pilih diantara dua kata di atas. Selama ini kita selalu kucing-kucingan dengan windows, rasanya seperti buronan padahal kita gak salah ya. Yang salah ya di penjara toh …
    Selama kita pake windows untuk personal rasanya aman-aman aja, tapi pake windows untuk keperluan kantor, eit ati-ati kena KANKER (kantong kring) lho … hanya buat bayar denda karena kita pake bajakannya.
    Setelah sang pinguin datang ah … kita bener-bener merdeka, gak usah keluar duit banyak untuk beli sofware dan semacamnya. Lagi pula bebas seh … sayangnya windows bagai beras yang menjadi makanan pokok rakyat sedang linux bagai jagung yang jarang dipakai. Tapi di zaman sekarang yang serba duit alangkah baiknya kita pakai LINUX friend …
    Oh, ya untuk model percontohan LINUX pada warnet, datang aja ke Platuk Dono Mulyo ID/31 Surabaya 60128, telp 3764918/71267003/71715510 untuk nyoba dan berkenalan dengan LINUX yang sebenarnya, hanya Rp 2.000,-/jam ada hadiahnya lho … aku yakin pasti puas deh servis kami. Banyak seh warnet yang lain pake windows ya githu-githu aja … ok. Dah see you later. Berkunjung ya …

    • merdeka aja mas pake linux kalo dekat pengen deh maen kesana saya dari bandung baru buka warnet 3 bulan pake w$ pingin coba cuma dibandung saya belum tahu warnet yang pake linux dimana

  14. Pingback: WARNET UBUNTU·

  15. Oom bisa bantu gak nich..
    saya buka warnet pake ubuntu 7.04 tapi gak bisa install billing ccl nya, tolong panduan nya dong..
    makasih ya Oom..

  16. kl mau jujur, kita make windows dan segala teman2nya karena gak ada pilihan yg lain, alias terpaksa. tapi kl sekarang dah ada yg lain, kenapa tidak.

    Pilihan ada di tangan maju or tertinggal, gak nyoba yach gak belajar.
    ayo sebar terus racun linux…

    Clean u’r mind and feel free with linux…..🙂

  17. mas, kalo urusan koneksinya mending pake apa ya? yg masih murah, ga ribet ngurusnya, tapi oke kualitas koneksinya?🙂 makasih loh

  18. mohon do’a restu temen2 semuanya ya… may 1minggu lagi warnetku mo launching. tapi aku lagi bingung masalah bilingnya nih? mohon solusi dari temen2 semua ya. biling apa yg enak n mudah install juga pengoperasiannya. thanks banyak….

    masang 10unit
    compi cuma pake celeron 500mhz
    mem 258mb
    hdd cuma 8 gb-an isinya

    firefox n opera buat browser
    GyachE I dah bisa cam
    xmms
    vlc dah support 3gp, asf,wmv,mov,mp4,flv,dll
    open office 2.2
    inkscape
    GimpShop (menu spt photoshop)
    k3b
    adobe reader 7

    tinggal billing yang belom… HELP yach….temen2

  19. Memang untuk menekan biaya investasi kita bisa menggunakan Linux sebagai alternatif dari Windows, Apalagi menggunakan warnet sistem LTSP dengan kelengkapan program yang kawan2 sebutkan diatas.

    Diperlukan perjuangan yang tidak mudah untuk membangun warnet linux. Dengan dukungan komunitas yang kuat saya rasa warnet linux dapat survive. Viva Linux !!!

  20. Teman saya sudah buka warnet Linux menggunakan SimplyMEPIS (saya yang settingin). Hari ini full meski cuman 8 komputer, bahkan rencananya mau tambah lagi.Billingnya masih manual soalnya pake ccl gak bisa otomatis, mungkin ada yang udah pengalaman pake billing lain yang free.Sebenarnya kalo buat saya billing seperti ccl sudah cukup,cuman memang rada ribet kalo client dan servernya mesti diutik2 dulu biar lancar.Versi .deb nya juga aku blom ketemu, jadi kalo mau upgrade jadi bingung.Linux Rules!!!

  21. mas, saya punya komputer 233mmx, ram 64mb, vga 4mb, hd 20gb. linux apa yang cocok untuk komputer saya?
    makasih

  22. Saat ini saya buka warnet walau baru 5 client rencana nambah OS dengan XP Pro bajakan pengin migrasi ke linux ada yg bisa bantu kah

    Thx s

  23. yup,sya jg sdh buka warnet pke ubuntu 7.10,alhamdulillah org2 pada familiar kok n smoth dlm browsing…..ada yg ingin tau lbh jls step by step bkin warnet n instalasi billing ccl nya,just add sya di mail atas…insya 4jj,smua dr instalasi awal mpe buka akan sya jelaskan…trims.wass wrb.

  24. yup..cek aja sitenya mas iman hermawan..bagus n beguna bgt tutorial tentang ccl nya…ada yg msh blm jls tntang instalasi billing ccl nya di ubuntu 7.10,jgn sungkan kontak sya…insya 4jj sya jelaskan A-Z nya
    trims.

  25. mas alfin, berapa nomor kontak mas? kebetulan saya mau buka warnet linux. bingung banget mas, gak ngerti sama sekali. cuma bisa instal ubuntu-nya doang. saya masih butuh program2 yg memang biasa di pakai oleh warnet.

  26. wah idenya udah ok mas… tpi memang butuh keberanian dan backup finance yg kuat buat nerabas…hahaha

    denger2 ada blankon3 yg platformnya based on ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon yg rencanannya dirilis untuk spesifikasi warnet…tapi entah sdh release ato belum…klo udah kbr2i yah…hehehe mslhnya aku juga ada niat mo migrasiin warnet bajakanku yg jdi penopang hidupku.

    udah cinta ama ubuntu tpi blom berani, krn newbie…sukses yah mas & jgn lupa kbrnya…

  27. mas numpang tanya saya juga pingin bukka warnet tapi disini gak ada isp yang dekat cuma speedy aja yg ada ada alternatif gak yg murah biar bisa 2000/jam maklum didesaaa sekali mas.makasih

  28. untuk semuanya,
    saya mempunyai dana sebesar 30jt dan dana itu niat saya akan saya gunakan untuk membuka usaha warnet.
    prospek saya lumayan bagus.
    yaitu mahasiswa/mahasiswi fakultas kedokteran dikota saya. sedang di sekitar universitas tsb saya lihat belum ada warnet.
    tapi saya memiliki kendala besar yaitu saya sama sekali tidak memiliki pengalaman di bidang ini. sama sekali tidak ada. saya juga tidak seberapa menguasai komputer. tapi saya memiliki teman yg lumayan paham masalah komputer, dan saya yakin nantinya dia pasti mau membantu saya.
    saya minta bantuan dari ANDA Semua untuk membantu saya:
    – kira2 modal segitu cukup nggak ya untuk membuka usaha warnet dg 10 Klien?
    – ada nggak yang menjual komputer bekas warnet kpd saya dg harga yg murah?
    – kira2 apa saja langkah2 mendirikan warnet? perlu pake izin nggak? kalo iya,izinnya kemana?
    – terus apa bisa kita memakai koneksi telkom speedy unlimiter yg bukan unlimiter warnet? (untuk menekan besar biaya bulanan)
    – dan lain2 yang sekiranya penting dalam persiapan dan dalam usaha warnet…?
    tolong bantu saya ya…
    atas perhatian ANDA, Saya ucapkan terima kasih…
    by: maz2Qn
    Mail: mastukin@yahoo.co.id
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih…

  29. untuk semuanya,
    saya mempunyai dana sebesar 30jt dan dana itu niat saya akan saya gunakan untuk membuka usaha warnet.
    prospek saya lumayan bagus.
    yaitu mahasiswa/mahasiswi fakultas kedokteran dikota saya. sedang di sekitar universitas tsb saya lihat belum ada warnet.
    tapi saya memiliki kendala besar yaitu saya sama sekali tidak memiliki pengalaman di bidang ini. sama sekali tidak ada. saya juga tidak seberapa menguasai komputer. tapi saya memiliki teman yg lumayan paham masalah komputer, dan saya yakin nantinya dia pasti mau membantu saya.
    saya minta bantuan dari ANDA Semua untuk membantu saya:
    – kira2 modal segitu cukup nggak ya untuk membuka usaha warnet dg 10 Klien?
    – ada nggak yang menjual komputer bekas warnet kpd saya dg harga yg murah?
    – kira2 apa saja langkah2 mendirikan warnet? perlu pake izin nggak? kalo iya,izinnya kemana?
    – terus apa bisa kita memakai koneksi telkom speedy unlimiter yg bukan unlimiter warnet? (untuk menekan besar biaya bulanan)
    – dan lain2 yang sekiranya penting dalam persiapan dan dalam usaha warnet…?
    saya sungguh mengharapkan bantuan anda, tolong bantu saya ya…
    atas perhatian ANDA, Saya ucapkan terima kasih…
    by: maz2Qn
    Mail: mastukin@yahoo.co.id
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih…

  30. untuk semuanya,
    saya mempunyai dana sebesar 30jt dan dana itu niat saya akan saya gunakan untuk membuka usaha warnet.
    prospek saya lumayan bagus.
    yaitu mahasiswa/mahasiswi fakultas kedokteran dikota saya. sedang di sekitar universitas tsb saya lihat belum ada warnet.
    tapi saya memiliki kendala besar yaitu saya sama sekali tidak memiliki pengalaman di bidang ini. sama sekali tidak ada. saya juga tidak seberapa menguasai komputer. tapi saya memiliki teman yg lumayan paham masalah komputer, dan saya yakin nantinya dia pasti mau membantu saya.
    saya minta bantuan dari ANDA Semua untuk membantu saya:
    – kira2 modal segitu cukup nggak ya untuk membuka usaha warnet dg 10 Klien?
    – ada nggak yang menjual komputer bekas warnet kpd saya dg harga yg murah?
    – kira2 apa saja langkah2 mendirikan warnet? perlu pake izin nggak? kalo iya,izinnya kemana?
    – terus apa bisa kita memakai koneksi telkom speedy unlimiter yg bukan unlimiter warnet? (untuk menekan besar biaya bulanan)
    – di sekitar jawa timur ada komunitas warnet pengguna linux nggak? kalo ada, dimana?
    – dan lain2 yang sekiranya penting dalam persiapan dan dalam usaha warnet…?
    tolong bantu saya ya…
    atas perhatian ANDA, Saya ucapkan terima kasih…
    by: maz2Qn
    Mail: mastukin@yahoo.co.id
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih…

  31. Mas dan teman- teman forum salam kenal

    Mas, saya mau install LTSP di Ubuntu 7.10 Gutsy. Saya sudah install ltsp packages pake .iso-nya. semua sudah oke dan enable dan running semua.

    dhcpd.conf sudah aku sesuaiin dgn ip server dan salah satu isiannya sbb : filename “/lts/2.6.17.3-ltsp-1/pxelinux.0”;

    Saya boot client pake disket (rom-o-matic.net), terus ada pesan error 192.168.221.17(-ini ip servernya):/lts/2.6.17.3-ltsp-1/pxelinux.0 TFTP error 1 (File not found). Kenapa ya mas?

    Terima kasih sebelumnya.

  32. Mas dan teman- teman forum salam kenal

    Mas, saya mau install LTSP di Ubuntu 7.10 Gutsy. Saya sudah install ltsp packages pake .iso-nya. semua sudah oke dan enable dan running semua.

    dhcpd.conf sudah aku sesuaiin dgn ip server dan salah satu isiannya sbb : filename “/lts/2.6.17.3-ltsp-1/pxelinux.0”;

    Saya boot client pake disket (rom-o-matic.net), terus ada pesan error 192.168.221.17(-ini ip servernya):/lts/2.6.17.3-ltsp-1/pxelinux.0 TFTP error 1 (File not found). Kenapa ya mas?

    Terima kasih sebelumnya.

  33. mas gmana warnetnya???
    maju terus yach tetep SEMANGAT !!!!
    O y saya dapet btgs dari dosen nich tentang warnet linux
    tgsnya harus disertai dengan fakta2 mengenai owener yang sudah sukses dengan usaha di bidang ini
    wah boleh gak y mas saya jdikan profil tokoh saya???
    selain itu saya harus dapat data lengkap mengenai warnet linux yang harus dibandingkan dengan microsoft
    bantu saya donk mas…???
    makasih

  34. om,

    ane jg pngen mniru jejak langkahmu yg sngat mulia.
    bsa mnta tolng gk?

    rncna pngn bkin warnet kcil2an (5-7pc client).
    spek yg dbutuhin ap aj yh??
    bujet u/ pc +/- 25 jt.

    enakan cash/crdit?

  35. saya baru buka warnet dengan linux ubuntu tapi masih kacau, apakah tampilan depannya bisa dibuat seperti windows ya?

    terus YM nya aga ribet ya?

    makasih mohon bantuannya

  36. salam kenal,
    saya mau bikin warnet mini ( mini karena clientnya rencana cuma empat dulu, sambil menghabiskan jatah speedy office.
    Pinginnya pake os linux, tp krn gak ngeh ama linux blas..
    mohon pencerahan dunk.
    1. Software apa aja yang musti diinstal, rencana pake thin client (PC station).
    2. Apa interfacenya bisa disesuaikan semirip windows. ada yang udah punya “matengan”, karena saya bener@ blank dg linux.
    thanks infonya

  37. saya juga beralih linux ubuntu. V 9.10. alhamdulilah dah komplit semuanya. hanya tgl 1 doang. program semacam deepfreeze yg belum. apakah anda sekalian tau. nama program tersebut. tanks u.

  38. saya tertarik linux, dan ingin buka warnet berbasis linux. tapi saya kesulitan mencari cd instalernya dimana ya saya dapat cari. Mengenai linux saya masih sangat awam. tolong dibantu, saya di solo. dikirim ke mail lebih cocok lagi. tks.

    • Saya bisa bantu anda untuk install Linux.
      Paket PCLinuOS:
      1. Install dan setting PCLinuxOS.
      2. Install dan setting billing CCL.
      3. Sharing File.
      4. Install dan setting ClearOS untuk Server.

      Harga damai…🙂

      Terimakasih
      Wahyu
      (sebastian.wahyu@yahoo.co.id)

  39. klo ga dicoba gmn bisa tau respon user nya ?

    gw pernah coba sekali.. ada beberapa kendala dalam wrnet linux yang pernah saya terapkan .. kita harus melakukan sosialisasi ke user bahwa linux itu semudah windows…. dan karena keterbatasan hanya sebagai internet dan chating… maka warnet linux tidak bisa menawarkan aplikasi game online…. ( kecuali game dalam fb dan web base kali ya ? )

    Jadi ya kita tidak bisa mendapatkan user gamer yang merupakan user paling maniak online….. otomatis berpengaruh terhadap omzet harian kan bro …

  40. @ mebisandi : betul Brow, apa lagi ini musimnya anak2 main Point Blank. Saya lagi bingung mensiasati PB di Linux ubuntu. Mohon pencerahan kawan2 sekalian. ym muchtar87

  41. numpang lewat dan ikut gabung ya….🙂

    Mau ikutan sharing nehh..
    Saya baru buka warnet 3bulan, 2 bulan pertama saya menggunakan “jendela” dan berikutnya saya migrasi ke PCLinuxOS.
    Saya bangga karena warnet saya yang pertama kali menggunakan Linux dan setiap user yang datang saya bantu untuk penggunaannya, sampai sekarang user sudah bisa sendiri.

    Spesifikasi Warnet saya:
    1. 7 Client, 1 Billing, 1 Server.
    2. Koneksi Speedy 1Mbps.
    3. Printer Canon IP1700.

    Spesifikasi Komputer :
    1. Client & Billing = Pentium 4 2.4GHz, Memory 512MB, Harddisk 40GB.
    2. Server = Pentium 4 1.8GHz, Memory 256MB, Harddisk 10GB.

    OS :
    1. Client & Billing = PCLinux 2009.
    2. Server = ClearOS (WebProxy & Blok Situs Porno)

    Bagi anda yang ingin membangun dan/atau migrasi ke PCLinux, saya siap membantu anda.

    Untuk info, saran dan kritik, silahkan email ke : sebastian.wahyu@yahoo.co.id

    Terimakasih
    Wahyu

  42. permisi kebetulan lewat ne, warnet linux murah meriah emang OK banget. aku pakai linux zencafe terbaru V 3.1 billingnya Gbilling server pakai IP.COP sistem proxy. dari pada beli lisen winds jutaan mendingan tuk beli nambah komputernya boss,,,,…
    maju terus pantang mundur. salam Sukses selalu!!!!!!!!!!!!!!

  43. mas saya mau bikin warnet linux, mohon saran&kririknya apa saja, untuk software, dan settingannya bisa minta bantuan mas g? makasih

    • Kalau mau buka warnet linux, saya bisa bantu untuk install dan settingnya…

      Kalau berminat bisa menghubungi saya di 021-85567730.
      (Saya menggunakan PCLinuxOS dan ClearOS untuk webproxy-nya)

Leave a Reply

