Langkah awal upgrade sepeda!

Saat ini dalam dunia persepedaan terkenal sebuah virus mematikan yang namanya “Virus Upgrade”!??? Kenapa mematikan? karena bila seseorang kena virus ini akan mengalami : sulit tidur, browsing market place setiap ada waktu luang (kadang-kadang diluang-luangin), setiap keluar bawaannya pengen mampir ditoko sepeda, berbohong sama istri masalah harga parts upgradean yang dibeli dan suka tidak lapor bila dapet bonus tambahan diluar payroll resmi hehehehe.

Virus ini juga sangat berbahaya karena harga parts sepeda yang luar biasa konyol mahalnya! Coba bandingkan.. Shock belakang mobil kuda saya beli Rp 350.000,00 sepasang.. Shock belakang Honda Tiger saya dulu beli Rp 800.000,00 sepasang… Shock belakang Sepeda Air Element sebiji Rp 1.300.000,00!!! So if you are smart better wise up on the objective of the upgrade, not the prestige of it!

Bila anda membeli sebuah sepeda Heist 1.0 seperti saya sudah tentu pasti banyak hal yang ingin diupgrade namun bingung menentukan prioritas karena begitu low end-nya parts-parts bawaan heist 1.o (maklum sepeda cuma Rp1,5jt, nyaris sepeda termurah diRodaLink). Saran dari saya prioritaskan upgrade yang berhubungan dengan kenyamanan anda dalam bersepeda, bila memungkinkan belajarlah mengenai bike fitting terlebih dahulu, banyak thread mengenai hal tersebut di sepedaku.com.

Apa saja upgrade yang berhubungan dengan bike fiting?

  • Stem : hal yang perlu diperhatikan adalah panjang stem dan sudut elevasinya, bila anda tinggi kemungkinan besar stem yang digunakan adalah stem dengan ukuran panjang.
  • Stang/Handle Bar : usahakan lebar stang sama lebar dengan lebar bahu, sehingga pegangan anda bisa nyaman disepeda, dan bila berniat pakai endbar (tanduk) maka pakai yang sedikit lebih panjang, dan apabila suka dengan posisi mengendara yang tidak terlalu menunduk maka boleh pakai rise bar, kalau saya prefer flatbar.
  • Seat Post : seatpost bawaan heist 1.0 sepanjang 30cm ternyata kurang panjang buat saya sehingga upgrade ke yang panjangnya 40cm, dan jangan pernah memasang seatpost diatas batas minimum insert karena berbahaya.. frame bagian atas tempat seatpost masuk bisa patah karenanya, dan sudah banyak kejadian mengerikan karena hal ini.
  • Saddle : Saddle biasanya sedikit susah dalam memilih karena terkadang kita harus coba-coba yang sesuai dengan pantat.. nah coba-coba itu kan beli hehehe gak mungkin coba pasang yang ada ditoko terus gak cocok dituker wekekeke. Ada yang cocok pake yang tebel seperti Velo Plush Gel, ada yang suka yang tipis nan aero dinamis, kebetulan saya suka yang tipis karena pant** saya udah besar wekekek
  • End Bar : atawa tanduk stang pada bahasa gaul sehari-hari, kalau saya end bar sangat penting karena secara signifikan meningkatkan kemampuan menanjak karena pegangan kita yang lebih ergonomis

Dengan upgrade-upgrade diatas saja saya yakin persepsi anda tentang groupset cupu/katro/low end yang ada disepeda anda pasti berubah! sepeda akan dengan signifikan lebih nyaman digowes, sepeda heist 1.0 group set standar suduh cukup ngacir kok diajak tour.

Bila memang ngebet upgrade parts-parts yang ada di groupset saran saya berangkat dari mengganti Hub-FreeHub dahulu🙂

3 responses to “Langkah awal upgrade sepeda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s