United Soloist, My Damn Cheap Commuter!

Minggu lalu saya dapat kabar dari temen bahwa united mengeluarkan sebuah frame fixie dengan nama soloist, kemudian coba search infonya di forum-forum sepeda seperti sepedaku dan forum sepeda kaskus, tapi info belum banyak.. yo wiss.. karena yang buat united, dalam pikiran saya pasti hasilnya gak akan buruk hehehe.. so rencana bangun sepeda baru dari limbah polygon heist 1.0 saya segera saya eksekusi! Konsepnya di kepala saya adalah bikin sebuah Single Speed.. itu dikepala saya.. didompet saya konsepnya  cuma Rp900.000,00 wakakaka

Sesuai post saya sebelumnya, saya mempunyai banyak limbah hasil upgrade sepeda heist, mulai diantaranya :

  • Sadel
  • Seat Post
  • Stem
  • Handle Bar
  • Wheelset

Semua limbah saya angkut ke mobil dan langsung berangkat hunting frame soloist! dapet ditoko sepeda deket rumah orang tua saya dibekasi hehehehe

Kesan pertama dari frame ini adalah cukup enteng buat sebuah frame besi, tapi terus terang karena newbie sepeda ginian saya gak ngerti itu frame hiten atau chromoly, tapi kalau dilihat dari harga kayanya hiten hehehe, murah gila! saya dapet harga Rp 500.000,- udah frame + fork (nawarnya ampe ampir berantem hehehe)!

ditoko sepeda tersebut juga saya turunkan wheelset dan langsung saya fitting ke frame soloist.. hem.. wheelset heist 1.0 besar juga yah, mungkin untuk mengakomodir roda 700cx38 hybrid. Setelah konsultasi ama montir bengkel mengenai penggunaan wheelset sebagai single speed pada frame soloist, dia mengatakan sangat bisa, dengan cekatan dia langsung copotan sproket freewheel 7speed dan diganti dengan cog freewheel single speed seperti yang biasa dipakai becak :p jari-jari juga disetel ulang agar bisa center.

Sembari si montir mengerjakan wheelset saya konsultasi ke ibu penjaga toko dan langsung menanyakan BB, crank, rante, adaptor stem dan  Rem U-brake, tapi semua pertanyaan tersebut saya tambahkan akhiran ” yang paling murah”.. akhirnya saya mendapatkan beberapa parts ini :

  • Crank 2 chainring punya MTB murah dengan ukuran chainring paling besar 48 – rp 40.000,00
  • Cog 20 freewheel Rp 18.000,00
  • Rem U-brake merek china lengkap ama lever dan kabel Rp 50.000,00
  • Adaptor Stem Rp 20.000,00
  • Rante Chrom Rp 25.000,00
  • BB Neco Rp 55.000,00

Setelah beres belanja, barang yang saya kasih montir hanya rante, cog dan crank. Chainring kecil dari crank dicopot, cog dipasang ke wheelset terus BB dipasang diframe, pasang crank,  Wheelset dipasang kemudian rante diukur dan dipotong kelebihannya. Ini saya lakukan karena pekerjaan ini saya gak punya alatnya dirumah.. (selain itu sebenarnya juga gak ada keahliannya hehehe) sisanya saya bawa pulang kerumah🙂

Setelah itu saya pindah toko ke RodaLink (katanya mo murah.. kok ke Rodalink sih.. ) sampe disana saya belanja :

  • Rim Tape  standar polygon Rp 6.500,- x 2
  • Ban dalem standar polygon 700c x 23 Rp 13.500 x2
  • Ban Deli Tire standar polygon 700c x 23 Rp 35.000,00 x 2
  • handle grip standar polygon Rp 16.500,00

Gimana? Rodalink murahkan? langsung ngacir pulang.. langsung rakit dirumah, ban dipasang di wheelset, wheelset dipasang di frame dan fork, pasang stem adaptor, pasang stem dan handle bar, pasang rem dan handle grip kemudian pasang seatpost dan sadle.. hehehe karena newbie jadi lamaaaaa

Akhirnya jadi deh sepedanya kaya gini :

Hem.. dana yang abis total.. Rp 834.500,00 gimana? Damn Cheap! driving impression di post berikutnya yaaah!

Tambahan :

Karena rem depan china yang saya beli karetnya keras dan kurang presisi akhirnya jadi sulit berhenti pakai sepeda dengan kombinasi high gearing 48-20 pada roda 700c ini.. akhirnya saya beli sebuah rem belakang Tiagra ( Loh.. kok rem belakang? Kan saya bukan buat fixie :p ) seharga Rp 178.000,00 dan kabel set Rp 10.000,00, foto pake rem tiagra ada dibawah.. gimana? Pasti keren! untuk harga sepeda sejuta lebih dikit paling gak wakakaka :p

33 responses to “United Soloist, My Damn Cheap Commuter!

  1. Om mantab,dengan biaya minimum bisa rakit sepeda kayak gitu…mw nanya nih,itu framenya ukuran brp ya? Saya tertarik pake soloist juga,tp maunya ukuran 50-52..trus tokonya dmn ya? soalnya di kaskus paling murah 600rb..
    Makasih ya om…

  2. wah bro fork heistnya masih ada ?
    manteb itu fork bisa dipakekan cakram depan kwkwkw
    kok bisa bro dapet ban polygon di rodalink
    gw dah bolak balik g pernah ada tuh ?

    • mantap om sepedanya,,keren dan murah lagi.itu dapet frame nya di toko apa dan dimana om? kalo boleh minta info alamat dan no telpon tokonya.

  3. kuran fair kalo semua part tidak di perhitungkan…(menjebak nubie yg mau ngerakit)
    walau itu limbah tapi saya rasa ada baiknya di hitung..karna yg cukup mahal itu justru d Frame dan Whellset..
    bukan begitu bukann..:P

    *Tapi cakep tuh sepedanya rapih..and framenya juga garansi…sangat d sarankan deh itu frame😛

    • kebetulan ditoko sepeda kita memang susah mencari sparepart murah standar dari sebuah sepeda pabrikan, tapi saya yakin wheelset tersebut (apabila anda rakit sendiri dan mudah menemukan partsnya) harganya akan sangat murah mungkin untuk sepasang wheelset tidak akan sampai Rp 200.000,- dengan perincian sbb:
      – Velg single wall v-brake polos sepasang Rp 80.000,-
      – hub +Freewheel chrom sepasang Rp 50.000,-
      – spoke 700c alloy chrom 72 x Rp 1.000,-

      namun sayangnya parts tersebut susah nyarinya..mungkin freewheel dan hub chrom bisa didapet ditoko speda biasa (non sepeda mtb rakitan) yang biasa kita datangi.

      Atau… bisa saja anda beli Velg ex Heist 1.0 atau Hesit 2.0 limbah upgrade.. yang jual saya yakin bingung ngasih harga karena rendahnya spek wekekekekeke

  4. Nice Bike.mantaB mas reviewnya. ngebantu bangeT. makasihmas.. hampir aja mobeli ban seharga 100an ribu. beli DeliTire aja deh…
    “cintaku berat diongkos” heehhe salam dari jogja

  5. bos, Aksesoris fixie daerah Wisma Asri bekasi timur dimana Bos??
    Dari Alun Alun kemana lagi??

  6. mas, itu dapet soloist harga 500 dmn tokonya ? tolong info tokonya dong mas.. hehe😀
    kebetulan saya mau bangun fixie jg dgn frame soloist, boleh berbagi info lewat email saya. supraandaboni@yahoo.com

    salam kenal ^^

  7. gan numpang nanya kalo harga frame fixie soloist dan velg fixie yang murah tapi bagus itu berapa?

  8. Om, itu beli frame soloist 500 ribu di wisma asrinya sebelah mana n’ nama tokonya apa ?, kebetulan juga daerah bekasi nih.

    Trus nyari part2 yg murah tapi bagus tuh dimana ?, n’ mereknya apa ?. Contohnya untuk Ban ato ga Setang ?

    Thanks.

  9. Om yogha, tanya nih…
    Kira-kira bisa gak ya…
    soloist ini d pasangi fr rd shifter tourney ?, biar terkesan jadi hybrid…
    Kebetulan tourneynya dah ada, tapi rd yang model baut bukan jepit.

    Adaptor anting rd ada yang jual gak ya buat soloist agar bisa d pasang rd tourney model baut ?

    Makasih om…

    • Bisa sih, pernah liat yang pasang, tapi terlihat kurang nyaman dan kurang presisi, saran saya cari frame roadbike bekas aja kalau memang mau pakai rd dan fd, soloist wheel mountnya harisontal soalnya.. lagian frame road bike bekas biasanya jauh lebih murah

Leave a Reply

