Going Mac! Panduan beli Macbook Bekas yang bisa Jalanin Lion!

Butuh Tantangan Baru

Sudah lama oprak oprek Ubuntu dan dengan semakin canggihnya OS tsb, setiap realase baru semakin dikit yang bisa dioprek hehehehe… Time to move on.. sampai saat ini OS  Desktop yang 100% asing bagi saya tinggal Mac OS, dan kebetulan Agustus kemarin baru keluar release terbarunya Mac Lion X, wah.. mainan baru nih pikiran saya, Alhamdulillah baru terima honor dosen hahaha

The Hunt Begins..

Begitu tau harga laptop mac macbook pro di inet paling murah 11jt-an langsung nyungsep harapan.. apalagi begitu tau  macbook white menghilang dipasaran.. habis sudah… ada beberapa toko masih jual macbook white.. tapi gila aja.. masa laptop core2duo harganya 9jt.. MSI FX400 tahun Cameron saya beli harganya cuma 6jt an core i5 dan pakai Nvidia GT!

so.. harapan tinggal ke used mac, dan ternyata harganya pun masih bikin otak PNS migrain.. akhirnya saya bertapa selama 2 hari cari tau mengenai Mac Lion X dan macbook, ingin cari tau best value untuk nubitol kaya saya ini, dan akhirnya ketemu beberapa syarat ini :

  • Mac OS X Lion (10.7.1) adalah sebuah OS yang sudah murni 64 bit, sehingga hanya Mac yang berbasis intel core2duo aja yang mumpuni
  • butuh ram minimal 2Gb utk jalanin si Singa ini dengan baik, meski selama core2duo maka RAM DDR2 juga tidak masalah.. tapi sangat bijaksana utk cari macbook dengan RAM DDR3 karena saat ini harga upgrade RAM DDR3 lebih murah!
  • Butuh mac yang sudah multitouch touchpad.. sebenarnya enggak juga sih.. tapi touchpad macbook lawas yang ada tombol click nya membuat touchpad lebih sempit, dan kurang leluasa utk melakukan gestures..

Dengan begitu saya bisa mengeliminir semua Macbook White bekas yang dibawah tahun 2006 karena belum core2duo, dan lebih jelasnya bisa liat disini : MacBook – Wikipedia, the free encyclopedia , tapi ternyata macbook white tahun 2008 kebawah juga ada 2 kelemahan : pertama ram yang rata-rata masih 512Mb/1Gb DDR2 (sekarang harga sodim DDR2 relatif mahal karena mulai langka), dan touchpad belum yang multitouch.. FYI Macbook tahun 2008 keatas modelnya sudah unibody, dan ada 2 tipe yaitu yang unibody polycarbonate dan unibody aluminium.

Pilihan Hati

Untuk harga pasaran ketika tulisan ini dibuat, dikaskus macbook white yang bekas 2006-2007 sekitar 3jt-4jt, dan yang macbook unibody 2008 rata-rata 5jt, 2009 5,5jt-6,5jt, dan 2010 keatas 7jt, memang sangat mahal utk sebuah laptop bekas dan berumur cukup tua utk sebuah barang electronic.

Macbook unibody Aluminium inilah yang menjadi inceran saya dan alhamdulillah berhasil dapet 1 buah macbook unibody aluminium dengan kondisi bagus dengan harga dibawah pasaran bekasnya (via teman) dan gak bikin kantong bolong (tapi tetep aja kalau dijadiin laptop baru bisa dapet yang core i3 dengan merek branded :p ), keuntungan macbook unibody adalah menggunakan DDR3 sehingga sangat murah untuk diupgrade🙂. Tetapi keuntungan yang utama adalah kemiripannya dengan Macbook pro seri terbaru sekalipun sehingga gak mati gaya pas dibawa kerja ketemu client atau rekan kerja lainnya hehehehe..

Saat dapatkan macbook ini masih pakai leopard (10.5.8) dan langsung saya install lion X, sekarang sudah pakai 2 minggu  dengan sangat lancar dengan spek sangat standar! bahkan lebih cepat dibanding dengan pakai leopard.. gila juga ya.. laptop umur 3 tahun bisa menjalankan OS desktop begini indah dengan lancar, usut punya usut ternyata ketika pakai leopard macbook masih disuruh pakai kernel 32bit dan ketika upgrade lion maka otomatis macbook diunlock ke 64bit! baik hati banget emang om Jobs😀

Kesimpulan

So, kalau memang ingin baru coba-coba mac, menurut saya beli bekas paling masuk akal, karena sering di FJB kaskus saya menemukan orang beli mac baru namun kecewa karena gak bisa pakainya (padahal sebenarnya bila mau tekun sedikit setelah terbiasa pakai mac maka jadi mudah, bahkan lebih memudahkan dibanding wind*ws atau linux sekalipun). Kan sayang beli laptop 11jt lebih tapi akhirnya dijual lagi dengan depresiasi lumayan.. Dengan Budget 4jt silahkan cari macbook white 2007 keatas tapi konsekuensinya harus upgrade RAM(kalau gak hati2 jatuhnya sama dengan cari macbook unibody), punya 5jt-7jt cari macbook unibody 2008-2011 (recommended) atau macbook pro tahun 2007-2008(kelemahannya cuma RAM DDR2 dan belum multitouch, tapi spek dah sangat mumpuni dan gak butuh upgrade), dan bila memang sedia dana 7jt-8jt silahkan cari macbook pro 2009 keatas dengan core2duo dan Geforce 320M. Saya terus terang kalau ada dananya pasti beli macbook pro bekas di 7jt, utk spek macbook pro yang saya maksud coba cep di MacBook Pro – Wikipedia, the free encyclopedia

Tips lain

Bila memungkinkan mintalah serial number dari mac yang akan anda tawar dan masukan serial number tersebut disini : http://support.apple.com/specs/ untuk make sure spesifikasi yang ditawarkan sesuai.

Oh iya, satu lagi yang penting! Selalu cek baterai macbook yang anda beli, kalau bisa minta Battery Cycle Count nya dan apabila kondisi baterai tersebut sudah harus diganti ada bagusnya anda menawar diharga yang lebih rendah untuk kompensasi penggantian baterai.

Lion is one heck of experience!  You Owe it to yourself to at least try it!

22 responses to “Going Mac! Panduan beli Macbook Bekas yang bisa Jalanin Lion!

    • Saya kebetulan dapet murah, dibawah 5jt, harga teman, pasaran emang masih 5.5jt – 6jt, DDR3 yg saya beli Corsair 8gb (2x4Gb) for apple, beli dari rakitan*com, cukup murah 500rb

  1. Selamat Siang, salam kenal Gan, Ane mau nawarin Macbook Ane seri A1811 Sepsi
    Processor Core 2 Duo T7400 2.26GB, Hard Disk 150GB, RAM 4GB, DVD CDR/RW. Ada CD Recovery Original + Buku Manual. Jual Murah : 3 Juta. Kelengkapan : AC Adaptor. Note : Batteray Ngedrop. Tsur – 021 943 805 62 ( Bekasi )

    • Buat anda sendiri gan? Saya kurang tau pasaran saat ini, tapi kalau kondisi sangat bagus cukup menguntungkan kalau dibeli sesuai harga pasaran

    • Ada baiknya diganti DVDROM nya dengan docking bay utk HDD ke dua, jadinya malah nanti bisa pakai 2 HDD, 1 pakai SSD utk OS, 1 pakai HDD 1TB buat data, malah jauh lebih berguna dan kinerja meningkat jauh

  2. Pingback: Jual Hardcase Macbook White Lama - Casing Murah Meriah·

  3. Pingback: Beli Casing Macbook - Casing Murah Meriah·

  4. Pingback: Kalung Biofir Original - Fashion dan Belanja Jadi Satu·

  5. salam kenal, itu waktu update ke os lebih baru apakah perlu registrasi lagi atau mbayar apaan gitu gak ya ke apple? karena saya cuma tau apple id dan passwordnya aja. kebetulan osnya saat ini 10.5.8 juga. saya kalau bayar-bayarnya gak ngerti soalnya barang warisan. tolong dibantu ya. trims.

  6. Mas Yogharp saya minta email nya dong, saya mau beli macbook bekas tapi masih bingung. Tolong bantu ya mas

  7. selamat sore saya punya macbook di versi 10.6.8 saya mau upgrade ke versi os x rentina versi (10.11.8) tidak bisa ada tulisan versi ini tidak bisa di upgrude di destop ini, mohon bantuan dong saya mau upgrude kira gmn? ya…

  8. Wah macbook emg mantab pak.
    Kebetulan sy lg cari macbook white unibody yg alumunium. Misal pak @yogharp mau upgrade/sdh bosan sm mbw nya. Bisa hubungi sy pak hehehe.

  9. Mohon info dong, punya budget 5 juta, pengen macbook pro 2010, adakah referensi option lain? Dan apa yang harus di cek dan diperhatikan saat ingin membeli used macbook?

  10. bagus bget artikelnya ngeabntu buat sy yga pngin beli mac second trima kasih bung…
    macbook unibody itu apa maksudnya ya, kok ada unibody white apa bedanya? trim penjelasannya.

Leave a Reply

