Upgrade ke Groupset SRAM X-5

Kemarin sempat berhenti B2W beberapa bulan karena jalan kekantor sedang di beton dan debu beton sangat tidak nyaman dihirup pas lagi gowes, bikin bengek (*_* ‘ ). Ketika mulai gowes lagi ternyata kaki yang sudah terlena mulai gak mau diajak kompromi ditanjakan terakhir menuju kantor yang memang cukup curam, gigi diturunin eh mentok di Cog 7speed yang paling besar  cuma ukuran 21 T, dulu mah sikat aja dengan gowes berdiri, tapi sekarang kok mulai kunang2 yaaah hehehehe. Setelah hitung2 udah hampir 2 tahun nih pakai gearing standar heist yang pakai RD/FD tourney dan Shifter Revoshift Shimano.. meski belum ada tanda2 rusak iseng ah upgrade hehehehe…

Karena kebetulan ada rejeki saya memutuskan upgrade ke 9 speed aja, meski saat ini lagi trend-trend nya 10 speed tapi budget yang harus disediain cukup tinggi, dan saya pikir terlalu “overkill” untuk sepeda yang cuma dipakai B2W, dengan hati mantap dan duit 1jt dikantong saya berangkat upgrade!

Ditoko sepeda kebetulan ada SRAM X-5 9 Speed, dan dijual paket Groupset FD, RD, Shifter dan Cog dengan harga sedikit dibawah Rp 1jt, saya pikir kesempatan nih coba SRAM, karena selama ini selalu pakai Shimano, langsung aja sikat! instalasi gak pakai lama, cog lama dicabut dan diganti, RD dicabut dan diganti , Shifter dicabut dan diganti, sedangkan FD terpaksa masih pakai yang lama karena ukuran crank Heist yang cukup besar sehingga FD sram tidak bisa dipakai. Ternyata saya upgrade kali ini ada buntutnya yaitu harus ganti rantai, saya pilih YBN harga 200rb dan handle grip karena handle grip saya yang lama menyatu dengan revoshift… total habis den 1,2jt hehehe

berikut penampakan dari hasil upgrade

 

Review sementara dari hasil gowes pulang dari toko sepeda kerumah adalah…. MAKNYUUUSSS!!! memang benar kata review di internet bahwa SRAM itu perpindahan gearnya terasa lebih Crisp… dan terasa lebih responsif dibanding Shimano berkat perbandingan 1:1 pada shifternya, tapi memang perlu waktu yang lebih lama untuk membuktikan ketangguhan dan realibilitas SRAM X-5 yang digadang sekelas Deore ini… karena secara fisik terus terang build quality Shimano deore terlihat jelas superior dibanding X-5 ini!

Bagi yang mau merasakan sesuatu yang baru SRAM boleh jadi pilihan! sejauh ini saya menikmati ctek-clek-ctek-clek-ctek-clek yang sangat responsif “snappy” dalam berakselerasi!

PS : setelah dipakai 30 km saya menemukan 1 lagi negatifnya…yaitu triger shift SRAM bikin jempol pegeeeel *mungkin lebih karena belum biasa* tapi dibanding Shimano Acera sekalipun SRAM lebih bikin pegel karena smuanya yang kerja jempol… buat naikin maupun nurunin.. besok saya coba atur posisinya deh, siapa tau dengan merubah sudut kemiringan bisa lebih nyaman ketika shifting

 

 

3 responses to “Upgrade ke Groupset SRAM X-5

  1. emang bener, sram lebih nikmat juga kokoh, saya pernah pake x4, sekarang lgi kumpul2 duit pingin beli groupset x5

  2. yup bener saya juga pake X4 kuat apalagi buat disiksa, tapi kalo buat XC biasa/ onroad kayanya SRAM terlalu kasar

Leave a Reply

