Soul GT bekas? Siapa takut?!

Salam Bro! Sambungan post tentang mencari motor bekas untuk si bungsu, sekarang saya mau share tentang apa yang harus diperhatikan dalam membeli Yamaha Soul GT bekas.

Diawal motor ini diluncurkan sempat didera masalah cvt yang getar diawal tarikan atau di RPM tertentu. Tentunya hal tersebut membuat saya menyarankan si bungsu cari motor lain.. Tapi karena sudah kepincut dengan bentuknya ya sudah akhirnya dituruti saja.. Target mencari soul sebenarnya yg tahun 2013 dan km rendah, dengan harapan sudah tidak ada masalah pada cvt nya, namun harga ternyata gak masuk budget.

image

Yamaha soul GT 2012 pasarannya ada di 10-10,5jt. Namun kalau beruntung bisa dapet disekitar 9,5jt kalau orangnya sedang BU. Atau ada juga yg memang dia mau jual dibawah pasaran dengan kondisi CVT bermasalah. Kebetulan kondisi terakhir inilah yang saya temui.

Motor soul GT lansiran september 2012 ini ketika pertama kali melihat dalam kondisi lumayan bagus. Tapi wajib hukumnya ketika beli motor bekas diteliti lebih dalam sampai detil. Hal positif yg saya dapat mesin sangat halus, cek fisik dan surat (motor yamaha sekarang ternyata sangat mudah kalau mau lihat nomor rangka dan mesin, no rangka dibawah jok dan no mesin samping kipas) semua sesuai dan konsisten dengan bpkb dan stnk, sektor  rangka dan kaki tidak masalah semuanya simetris dan tidak ada yg oblak dan semua kelistrikan normal (hanya lampu belakang saja yg mati).

Nah hal negatifnya nih.. Pajak habis tepat bulan ini, Cvt ternyata getar di rpm bawah dan bodi tebeng depan sudah diganti (indikasinya stiker striping sudah tidak ada) pertanda ada kemungkinan pernah jatuh atau nabrak, tapi bodi lainnya mulus sekali.

image

Saya coba dalami sejarah motor ternyata si penjual juga belum lama beli motor ini bekas, namun istrinya tidak mau pakai jadinya dijual saja. Waduh.. jadi ga bisa tau deh ini bekas jatuh atau nabrak. Saya sebenarnya mau mundur saja.. Tapi pas konfirmasi harga ternyata dia buka lumayan rendah. Saya coba periksa lagi bagian rangka dan kaki sepertinya masih simetris dan tidak ada bekas tabrakan dan oblak.  Saya tanya si bungsu, ternyata dia ada “feeling” positif ama motor ini, ya sudahlah saya coba perkirakan “damage cost” dan mencoba menawar diharga yang saya bisa menerima kekurangan motor ini. Damage yg saya yakini bakal ganti cvt bagian depan (roller) dan belakang (kopling cvt) satu set dengan biaya lumayan.

Demi keamanan juga sebaiknya memperhatikan kondisi penjual, apakah dirumah kontrakan atau rumah sendiri, hubungan dia ama tetangga dlsb. Impresi saya terhadap penjual positif, rumah milik sendiri, sempat saya liat berinteraksi dengan tetangga dan temannya yg lewat depan rumah, setelah sreg baru deh berani nego, jangan lupa pakai baca basmallah yaa. Akhirnya deal harga dan saat itu juga langsung dilunasi dan motor dibawa pulang.

Selama perjalanan pulang yg bawa motor sibungsu dan saya pakai hayate kesayangan. Sesampainya dirumah saya tanya bagaimana rasanya? Ternyata mesin soul GT ini dirasa lebih halus dibanding Honda Beat 2008 miliknya yang lama, rangka dan kaki gak masalah dibawa meliuk-liuk dan karena sudah malam dan tidak macet jadinya cvt tidak terlalu menganggu.

Besoknya langsung dibawa ke BeRes Yamaha dan langsung dibenahi (artikel sendiri ya) , memang habis lumayan, tapi meski ditambah harga motornya masih dibawah pasaran hehehehe.. Penasarankan saya beli motor itu berapa?!!!

Wassalam bro!

4 responses to “Soul GT bekas? Siapa takut?!

Leave a Reply

