Restorasi Soul GT part 1

Soul GT Merah 2012 yang dibeli dengan harga murah dengan segala kekurangannya malam itu juga sampai dirumah langsung dikerjain bagian body agar bisa kembali kinclong kaya kondisi baru datang dr showroom hehehe

Motor langsung dicuci pakai shampo Kit utk mobil, kemudian dikeringkan dengan MF (micro fiber). Setelah dicuci cat ternyata masih kusam terutama dibody bagian depan kanan serta batok setang yg terlihat sudah direpaint namun masih banyak sisa “cat mati” yang membuat tampilan jadi buteg.

image

Langkah pertama dicompound dulu pakai turtle wax polishing compound untuk ngangkat cat mati dan memperbaiki pernis yang sudah mulai banyak baretnya. Aplikasinya pakai lap MF kecil dan sedikit ditekan. Pada proses ini ketahuan kalau body Yamaha Asli yang belum direpaint ternyata dipernis/clear coat, sedangkan yg repaint tidak jadinya bila dicompound catnya sedikit keangkat. Oh iya, jangan sampai kena bodi plastik yg tidak dicat ya compoundnya, biar tdk ada residu putih nempel, karena akan susah nanti bersihinnya. Setelah langkah ini body dah kelihatan jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya.

Sebelum dicompound

image

Setelah dicompound

image

Langkah kedua aplikasi pakai meguiars swirl X utk menghilangkan swirl mark dan baret halus, aplikasi pakai sponge bulat, kemudian di-buff (bersihkan) pakai MF, merah metaliknya langsung terlihat semakin dalam dan menyala setelah langkah ini.

Nah agar hasil restorasi cat lebih awet dan ada kesan wetlook langkah terakhir adalah dengan menggunakan wax, disini kita pakai turtle wax platinum paste. Aplikasi pakai sponge dan setelah kering di Buff pakai MF. selesai sudah! Eh.. Belum ding..

Dek dan plastik lain yang warnanya hitam dan tidak dicat seperti pelindung knalpot dan tutup kipas sudah mulai kusam dan pudar hitamnya, untuk restorasi bagian ini kita pakai meguairs trim detailer, langsung kembali segar tampilannya🙂

image

Selesaaaiii, motor jadi kaya baru! Not bad! Harus diakui repaint oleh pemilik sebelumnya (bisa jadi pedagang) cukup baik karena warna sama persis seperti original serta tidak belang. Bodi selesai, besok part 2 saya akan share perbaikan sektor mesin dan CVT.

Wassalam Bro!

//

8 responses to “Restorasi Soul GT part 1

  1. itu matiknya dioprek sendiri yah om?
    kerenlah,bisa mainan repair bodi ndiri.
    btw sekedar masukan itu si matiknya ganti ban vario aja ato yg gede biar aman,saya pernah jatuh parah gara2 ban depan selip gitu.kecelakaan tunggal di tikungan jalan yg berpasir.

    • Masih masukannya om, iya sepertinya akan segera diganti tubeless juga, sekalian digedein deh nanti, di jakarta ranjau paku dan jalanan berpasir serta berlobang juga membahayakan bagi pengendara😦

      • komennya kok dobel om hehe?
        share juga saat dulu pake mio,kalo ganti roller/van belt mending di beres aja.pernah dulu kejadian masang belt di bengkel sini,aku kira asli eh tahunya palsu.ga lari tuh motor padahal rpm dah tinggi.selain itu starter tendangnya juga dipake sesekali.kalo ga dipake nanti bunyi berisik gitu pas ditendang.
        selain itu boros air aki basahnya juga,

      • Iya on, kalau yamaha ga nguras kantong beresnya selama pengalam punya vega r dulu, AHASS dulu mah dahsyaaatttt, tapi katanya karena persaingan harganya udah kompetitif. suzuki yg masih mahal (T_T) gw kemarin servis biasa+ cvt hayate aja hampir 150…

    • Makasih masukannya om, iya sepertinya akan segera diganti tubeless juga, sekalian digedein deh nanti, di jakarta ranjau paku dan jalanan berpasir serta berlobang juga membahayakan bagi pengendara😦

  2. Ane juga pake Soul GT 05-2012. Belakangan ini motor ane jd getar2 pas buka gas. berasa bgt getarnya dari CVT. Pdhal udah ganti roller asli YAMAHA dgn ukuran yg sama. Dan motor ane juga ga pernah di Oprek2 . Emang sih waktu ganti roller bukan di Bengkel Resmi. Lampu indikator juga nyala. (Just Sharing)

  3. wah boleh tuh gan tips nya buat bikin kinclong,tp minta rincian yg lebih jelas nya donh gan pake apa aja merek apa? ane pgn coba biar sgt ane makin kinclong😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s