Restorasi Soul GT part deux (2) : CVT getar goyang menggoncang jiwa (soul) jiahaha!

Setelah si soul gt kembali kinclong dan tampil menggoda, esok paginya langsung dibawa ke beres Yamaha, bengkel resmi yang dipilih adalah beres Yamaha depan pom bensin sawangan permai. Alasan pemilihan bengkel? Karena dekat rumah hehehe😀

Sesampainya dibengkel langsung kita sampaikan keluhan kepada kepala mekanik, keluhan yg disampaikan hanya satu :  “CVT bergetar hebat pas mesin dingin!” Sang mekanik mengangguk tanda mengerti. Karena datang paling pagi motor langsung naik meja operasi (gw ga tau nama tekniknya meja servis :p)

image

Setelah diperiksa bener aja ternyata mangkuk depan cvt serta roller dan part pendukung lainnya sudah diganti punya mio lama, terus mangkok kopling belakang sudah haus. Analisa saya sebenarnya soul gt ini dari beli sudah masalah getar cvt, yang punya mungkin jengkel klaim ke yamaha cuma dibersihkan doang dan penyakit selalu timbul lagi, akhirnya dibawa ke bengkel biasa dan dengan jurus meraba-raba dan coba-coba partnya diganti-ganti namun hasilnya tetap  nihil… Si soul gt tetap aja goyang dombret ketika akselerasi awal.. Jengkel karena motor baru dah gak enak bawanya dijual murah deh! Yakin tuh orang gak bakal beli Yamaha lagi..

Alhasil pas beli motor ini meski masih masa garansi tetapi karena tidak punya buku servis dan partnya sudah gantian non resmi, maka diasumsikan bahwa motor ini sudah hangus garansinya.. ( hal ini sudah diperhitungkan ketika beli dan harganya juga jadi cukup rendah utk mengakomodir biaya perbaikan) maka kita meminta kepala mekanik memperhitungkan parts2 yang diganti..

Part yang harus diganti ternyata banyak sekali, karena lagi diandroid dan malas ngetik satu2 jadinya gw generalisir aja ya :
1. satu set cvt bagian depan mulai dari rumah roller, roller, seal, dan ring yang dibutuhkan.
2. Rumah kopling belakang dan karet seal.
3. CVT belt.
Melihat daftar part yg harus dibeli panjang cukup bikin takut juga, apakah akan melibihi budget???!!! Ternyata semuanya habis Rp 590rb (itu termasuk filter udara) lumayan juga, tp karena masih dibawah perkiraan maka hal jadi berita baik, langsung deh di acc

image

Pekerjaan cukup lama juga karena ada part yg harus diambil dari yamaha lain. Dan terus terang selama pekerjaan kita bertanya-tanya apakah dengan ini masalah getarnya hilang dan tidak kembali lagi? Yah kita berharap pabrikan sekelah Yamaha sudah menemukan masalah dan mengatasinya..

image

Sekalian biar ga ada ganjelan dihati kita juga minta agar injector dibersihkan, pihak beres langsung menyanggupi dan dikerjakan. Karena ini motor injeksi pertama yang saya bawa kebengkel, saya cukup terkejut dengan cara pembersihan injector, ternyata aliran bensin dari tangki diganti dengan aliran cairan aerosol khusus berlabel 3M, kemudian mesin dihidupkan dan diblayer beberapa kali sampai injector bersih.. Canggih tenan…

image

Setelah selesai urusan CVT dan pembersihan sistem injeksi, motor diperiksa sistem injeksinya dengan komputer yg dihubungkan ke injector dan dinyatakan bahwa sistem injeksi masih bagus tidak ada masalah.

image

Semua pekerjaan ini ternyata cukup memakan waktu lama, kita masuk bengkel jam 8 pagi selesai jam 14 sore.. Cape juga… Untungnya bengkel ini tempat menunggunya luas dan tersedia tempat khusus merokok yang nyaman dan terpisah dari yg non perokok.

Total DC yang harus kita bayar hari itu sekitar 650rb perak, cukup besar utk motor yang baru berumur setahun! Tapi alhamdulillah sudah jalan 1,5bulan  ini motor masih lancar dan getaran belum kembali (semoga tidak), padahal jam terbangnya tinggi juga motor ini, maklum yg pakai anak kuliahan yg hobi mengerjakan tugas kelompok dan main.

Bagi yang Yamaha Soul GT nya punya masalah sama dengan saya yaitu getar ketika akselerasi awal dan terjadi ketika mesin dingin segera saja claim ke beres yamaha, menurut saya mereka sudah tau permasalahanya yaitu rumah kopling belakang CVT yg sudah haus atau retak atau terkena grease dari seal karet yg sudah bocor.. Jangan lupa bawa buku garansinya ya! Kalau saya lain kasusnya, karena sudah tau resiko beli barang bekas yg sudah gak kumplit lagi..

Semoga Yamaha segera berbenah dan adil pada semua pelanggannya🙂

//

36 responses to “Restorasi Soul GT part deux (2) : CVT getar goyang menggoncang jiwa (soul) jiahaha!

  1. resiko beli motor 2nd gitu,dalemnya dah parah dituker2 gitu.biasanya motor cabutan leasing itu,yg nukar oknum leasingnya.
    dulu pernah pas beli beat 2nd,dalemannya ancurrr.kapok beli motor 2nd palagi matik itu mahal2 partnya

  2. Saya punya motor mio j mesin nya bergetar dan paling parah nya lagi motor jadi susah di gas padahal saya uda ganti rumah kopling belakang tetapi masih saja enga ada perubahan nya dan paling parah nya saya di suruh ganti as depan shfety maka nya saya binggung.

    • Kenapa tidak claim garansi pak? Motor kita lebih mahal dr negara lain loh harganya, harusnya pabrikan bisa beri layanan extra juga.. Halo yamaha? Jangan sampai pelanggan setiamu pergi loh!

  3. wah sama banget ni masalah……Soul GT ku jg bermasalah klo mesin dingin… stlh di panasin 5 menitan pas dipake..ky yg mau loncat itu motor.mesin kaya mau jatuh hehe… udah dibawa ke bengkel resmi..cuman dibongkar mangkoknya aj…. 3-4 hari mah normal…skearang tambah parah…. mankanya u/ semntara ane panasin 15 menit ampe 30 menit…baru deh pas dipake ga begitu loncat”an.. kunaon nyaa… ( ah bawa ke tempat bengkel langganku aj ah dari pada ke tmpt resmi..selalu tidak puassssss..) .. #nasib motorku yg baru nyicil ke 5 x…

    • Kayanya harus diganti itu mangkoknya, harusnya soul gt lawas di recall semua nih ama pabriknya.. Soalnya pas saya ganti sendiri sampai sekarang gak kambuh lagi… Ga tau deh kenapa kita konsumen Indonesia sering dibeginikan.. Gak hanya oleh satu pabrikan aja loh ya!

  4. pasti juga pya aq pake mio GT bekas.masalah.dan hasilnya kurg ok.plgi blm blik nama eh yambah ribet

  5. Salam kenal mas bro, ane kebetulan jg br beli 2nd soul gt kluaran 07/12 plat Depok kota, motor kita sama2 depok beda 2bln doang hehe, overall sih msh ok cm ya ada sedikit kekurangan di bag. CVT mgkin nasib ane sama spt mas bro diawal beli dulu, cm ya krn harga lumayan masuk jd gpp itung2 kl diservis kan jd puas jd srasa motor baru tp biaya jg gak smp seharga beli baru iya kan..he
    Ane mw tanya mas bro, itu setelah di servis cvt, pemakaian normal kira2 brtahan brp lama ya soalnya kl ane motor dipake setiap hari, n mas bro dulu servisnya di beres deket mana, kl ada yg udh pngalaman gpp dong bagi2, mdh2n brkah🙂
    Itu aja mas bro salam prkenalannya, kpn2 dsmbung lagi..tks🙂

    • Salam kenal juga bro, saya servis di beres yamaha sawangan yang ada diseberang pom bensin, kalau dr arah parung bingung ada disebelah kiri jalan.
      Sampai sekarang penyakitnya belum kambuh tuh, Alhamdulillah.
      Coba aja kesana bro.. Dulu saya bilang ama kepala bengkel : pak cek cvt nya ya, saya pengen getarnya hilang sampai halus, semua yang harus diganti ya diganti, makanya sampai 600rb, tp puas sampai sekarang belum kambuh🙂

      • Ok bro, nanti ane mw nyoba disana..mdh2n soul gt ane bs kmbali normal lg kya punya ente…tks bro..

  6. Ada yang punya pengalaman servis CVT Soul GT yg berhasil di bandung? kalo ada beres nya yang dimana ya? heheeehe mohon pencerahannya.. soalnya motor saya emang bener2 udah ga nyaman untu di kendarai… thankss🙂

  7. Salam kenal bro…
    Wah sama motor soul GT sy jg kaya gt…malahan udb bolak balik bengkel resmi utk dservice…part sudah dganti smua..awal setelah ganti part sktr 1bulan lbh gk ada masalah..beberapa saat kemudian barulah timbul lg…sampai motor kalau sudah jln lama n panas cvt getar hebat dan menjalar ke cover body tengah depan ikutan getaar…apa yg slh ini dengan kluaran soul GT..

  8. Sama Gan Soul Gt Punya Saya Juga Bergetar Hebat Kalau pertama Jalan , Saya SANGAT SANGAT KECEWA DENGAN PRODUK YAMAHA , itu motor d bayar pake duit buka dapet minta dari dealer yamaha , ada kartu garansi juga serasa percuma toh kita harus mengeluarkan biyaya sendiri ,

  9. Pny gw juga samma bro….udh ganti mangkokan ama van belt 2bln kambuh lg…klo ke deler xm di buka bersihin 1mggubkmdian geter lg.mpe bosen …keluar uank..

  10. nyesel x saya bli mio soul GT,krna getaran nha buat malu ajj,,
    udh di prbaiki ber’ulang x pun sama ajj,,
    gmn yach..cra nha..

    by MEDAN

  11. saya pnya mio gt sama keluhannya bergetar tarikan berat bolak balik bengkel tetep sama tapi saya experimen sendiri tali gas nya saya kasih minyak sayur / (pelumas) alham dulilah tak getar lg juga tak berat tarikan nya…..

  12. saya aga melenceng nih, yang saya pakai honda beat karbu 2012, dan keluhannya sama, dari awal pembelan rasa getarnya ada, kirain beat aja yg gitu, ternyata yamaha juga ya?. apakah cara mengatasi getarannya sama dengan soul GT?

  13. Sore sob…ane jga sama soul gt,saya bru pake skitar 1 th,uda di baws ke beres yamaha,cma di bersihin ,ganti vbelt & gmuk CVT, stelah 1 mggu pake eh kumat lagi,malah skarang kalo pake electrik stater susah hidup ,adoh pusing ,mana blom bres bisa nyicil he he he,

  14. Ikut berbagi pengguna GT Soul nih…

    Keluhan sama gan di getaran2 gredek dan bunyi nyit2,, yang bikin mupeng… Apalagi ane tinggal di rmh mertua yang gangnya sempit dikelilingin rumah2 tentangga… Kalo berangkat gawe pagi2,, pasti dah….. Ane di aru2in orang2. Hahahaha…

    Ane dah bongkar CVT kira2 5-6kali sejak beli tahun 2013. Ganti roller, pulley, v-belt, bersih2, dll. Tetap aja. Paling kuat bertahan enak dipake paling lama 2 bulanan, ehhh kambuh lagi penyakitnya…

    Ane pernah baca2 katanya pake kanvas kopling gandanya punya honda beat bisa ngatasin masalah ini gan,tinggal pasang aja. Tarikan jg lebih enak.

    Dan kalo bisa mangkok pulley CVTnya jg ganti tapi harus rombak dikit untuk dudukannya biar bisa dipasang di as. Roller jg pake hinda beat.

    Apakah ada yg pernah coba????

  15. Ikut sharing aja,gan…temen ane dah lumayan sukses ngatasinya, yaitu dengan mengganti mangkok+kampas cvt belakangnya dgn punyanya Mio lama (karbu),..jatuhnya Lebih Murah Dan awet

  16. Padahal mudah ngakalin geyaran gt cukup kanvas otomatisnya aja minta diringanin ke tukang bubut cuma 30tb ko…saya udh buktiin ternyata kanvasnya terlalu berat bebannya kaya vario!!?

  17. sama bgt kluhannya…
    pdhal motor blm 1thn tp deh ada aja
    kata bengkel resmi ci dsruh ganti cvt dpn 1set

  18. Aku juga merasa kesal terhadap mio j saya.udah saya ganti kampas ganda juga mangkoknya al hasil trnyta groooook lagi.kalau saya bongkar saya bersihkan hasilnya enk cuma beberapa hari trus kambuh lagi.smpe bosen bongkar pasang trus.pihak yamaha produk matic gimana solusine.jangan smpe pelnggan pada kelain hati.

Leave a Reply

